Mensyukuri Proses
ARK PRIVATE Leadership THE ARK SCHOOL

Mensyukuri Proses

Life isn’t static, and sometimes, we don’t realize the value of knowledge or even of people, until further down the track, when we’re mature enough to truly understand.
–Nalini Singh,

Allah menggunakan pengalaman masa lalu kita untuk memengaruhi masa depan kita dengan cara yang tidak terduga, namun sangat dahsyat. Cara kerja-Nya kadang berada di luar jangkauan rasio kita sebagai manusia.

Melalui Friska Siburian akhirnya aku bisa berkomunikasi dan bertemu kembali dengan Sherly Simbolon. Tuhan memiliki seribu satu cara untuk mempertemukan kita dengan orang-orang yang kita kasihi walau itu tidak pernah terlintas dalam pikiran kita. Aku memutuskan membagikan sebagian kisah hidupnya yang sangat bermanfaat bagi kami. Dan semoga menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Friska sudah lama mencari les Bahasa Inggris yang bagus di Sidikalang. Karena belum menemukan yang cocok, dia meminta pendapat kakak iparnya, Sherly Simbolon, yang sedang kuliah di jurusan Sastra Inggris USU. Sherly tahu aku membuka les bahasa Inggris di Sidikalang. Dia SMS aku untuk menanyakan lokasi belajar dan program yang cocok.
Saat itu Friska masih kelas 2 SMP. Ia berekspresi kalem, namun sangat antusias belajar. Aku baru tahu dia adalah adik iparnya Sherly di minggu kedua aku mengajar di kelasnya. Aku sangat kaget. Kehadirannya di kelas tersebut mendorong aku untuk mengajar lebih baik demi menarik simpati kakaknya. Mendidiknya menjadi proses yang sangat berharga bagiku sebagai seorang guru. Aku melihat dia sangat menikmati belajar. Kemampuan berbahasa Inggrisnya juga semakin meningkat. Dia masih terus mengikuti les bahkan hingga tamat SMA.

Agustus 2008 dia mengikuti kelompok kecil pembinaan rohani di pelayanan Perkantas Sidikalang. Aku sangat bersyukur menjadi seorang PKK atau pemimpin kelompoknya selama hampir tiga tahun. Memimpin dia dalam pembinaan rohani selama SMA adalah waktu yang sangat bernilai bukan hanya bagi dia, tapi juga buatku secara pribadi. Masa-masa itu senantiasa menjadi bagian penting dalam proses pertumbuhan iman, karakter, dan mentalnya. Kami sangat bersyukur dan bangga melihat semangat belajarnya. Walau dia adalah anak tunggal, dia tetap dewasa dan mandiri.

Dalam pertalian persaudaraan Batak, dia sebenarnya adalah Inangbao bagiku, atau kadang disebut Bao. Dalam budaya Batak, kami tidak boleh terlalu dekat dengan Bao. Kami harus menghindari berbicara langsung dengan mereka kecuali dalam situasi terpaksa. Untuk mengurangi kecangungan, kami sepakati, dia memangilku Brolo (bother-in-law) dan aku memanggil dia sislo (sister-in-law). It works.

Bekal ilmu dan semangat yang dia peroleh selama SMA sangat membantu dia hingga bisa lulus di Fakultas Ekonomi USU. Dia tamat dengan relatif cepat dan hasil yang bagus. Kemudian dia bekerja dan tinggal di Medan. Dia masih terus berjuang untuk bisa memiliki karir yang lebih baik dengan memperlengkapi diri.

Aku tahu benar kualitas karakter, pengetahuan, dan kinerjanya. Itulah yang mendorongku untuk ‘menculik’ dia menjadi manajer operasional The Ark School dan Ark Private sejak 1 Februari 2017 yang lalu. Itu berarti dia harus resign dari pekerjaannya di Medan. Untuk menghargai profesionalisme kerja, dia harus menyelesaikan pekerjaannya di Medan selama satu bulan sejak mengundurkan diri. Dia mengajukan resign akhir Desember 2016, kemudian menuntaskan kerjanya hingga akhir Januari 2017. Sebuah proses yang ternyata tidak semua orang senangi dan syukuri. Aku pribadi awalnya kaget ternyata dia bersedia menerima tawaran kerja dariku.

Dalam waktu hanya satu setengah bulan, dengan pimpinan dan arahannya kami sudah mengerjakan banyak hal. Memperbaiki metode dan teknik marketing. Dia memimpin tim melaksanakan try out gratis di tujuh sekolah negeri di Sidikalang. Dia sendiri yang menyusun soal dan memimpin semua teknis pelaksanaannya. Bersama tim dan tukang, kami menata ulang dan mempercantik ruangan kelas. Tukang memperbaiki setiap kerusakan dan mengecat ulang semua ruangan kelas. Kami juga menata kembali setiap pajangan kelas.

Dia menyusun dan menyosialisasikan SOP dan tata tertib semua staf. Untuk meningkatkan kualitas staf pengajar, kami kembali melakukan Teachers’ Training minimal sekali seminggu. Walau sebuah pendidikan luar sekolah, kami menciptakan RPP yang kami sebut sebagai Teaching Instruction sebagai rencana dan evaluasi pengajaran. Sangat banyak perubahan yang terjadi, dan saat ini belum sempat kuceritakan.

Aku yakin Allah terus berproses merancang masa depan yang terbaik bagi setiap orang yang percaya dan bergantung pada Dia. Namun yang membuat hati sedih, sebagian orang dengan emosional malah menghakimi setiap tahapan prosesnya. Reaksi seperti ini riskan terjadi tatkala rasio dan iman seseorang sudah ditaklukkan oleh emosi temporer.
Seusai mengikuti wawancara rekrutmen karyawan PLN dan seusai morning fellowship beberapa waktu yang lalu, dengan sangat ceria dan bersyukur dia berkata, “Aku sangat bersyukur sempat bekerja di The Ark School dan Ark Private. Yang sudah kukerjakan di sini menjadi nilai plus, kuceritakan ketika tahap akhir seleksi PLN, yaitu wawancara. Aku menceritakan bahwa aku adalah manajer operasional yang memimpin tiga puluh staf. Mereka kagum juga karena usiaku masih 24 tahun.”

Hal ini sangat mengesankanku, mengingat sebelumnya dia pernah gagal dua kali di tahap akhir seleksi wawancara di Mayora dan Frisian Flag. Setelah melalui semua tahapan panjang proses rekrutmen, akhirnya dia diterima di sebuah perusahaan BUMN PT PLN. Sebuah semangat pantang menyerah, mirip semangat yang dimiliki Barcelona ketika bertekad membalikkan keadaan dari kekalahan 4:0 melawan PSG menjadi agregat 6:5 untuk kemenangan Barcelona.
Demikianlah, ketika melihat sejumlah peristiwa yang bersangkut paut, aku yakin kita sebenarnya sedang menunggu waktu Tuhan mewujudkannya. Namun kita harus mensyukuri setiap proses yang sedang dan terus Tuhan rajut. Rancangan Tuhan tidak pernah mengecewakan walau prosesnya sering membuat kita bingung. Hanya iman yang membuat kita tetap kuat dan tetap melangkah melalui setiap proses.

Begitulah aku memandangnya. Sebuah metamorfosis hidup yang berlangsung tepat selama satu dekade: 2007-2017, menjalani ups and downs yang mematangkan dan memperlengkapi. Selamat melanjutkan perjalanan karir di PT PLN, my sister-in-law, Friska Hadelina Siburian.
We will support you. As always!

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Roma 8:28)

Post Comment