Wadah Belajar yang Membahagiakan
ARK PRIVATE Education

Wadah Belajar yang Membahagiakan

Ark Private

 

The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires.William Arthur Ward

 

Sistem pendidikan merupakan hal fundamental dalam kehidupan manusia. Ketika pendidikan salah mengarahkan, maka produknya adalah manusia-manusia yang sangat mungkin dapat merusak peradaban. Karenanya, sistem pendidikan yang baik merupakan suatu keharusan.

Beberapa tahun sebelum mendirikan Ark Private Juli 2015 yang lalu, istri dan aku sering berdiskusi tentang kerinduan kami mendirikan wadah belajar di mana anak-anak suka belajar. Prestasi anak-anak yang kami ajari meningkat dan minat mereka bermain tetap terakomodir dengan leluasa.

Kami pun mempelajari kondisi psikologis dan keseharian siswa. Yang paling sering dikeluhkan, setiap hari mereka dibebani dengan PR yang sangat banyak. Padahal. sebagai anak-anak mereka juga butuh bermain dengan teman-teman mereka. Dan yang paling utama, mereka harus menikmati proses belajar agar mereka bertumbuh dengan baik.

April 2015 kami membeli rumah di Jl. Empat Lima Sidikalang seluas 10 x 20 meter, di atas tanah seluas 10 x 44 meter. Rencana awal kami, rumah ini dijadikan tempat tinggal kami, mengingat rumah kami sebelumnya kurang nyaman karena juga digunakan sebagai tempat les The Ark School. Namun, melihat rumah ini sangat luas, kami terpikir untuk merealisasikan impian kami di rumah ini. Setiap hari selama dua bulan kami rutin merancang program belajar yang sesuai dengan kerinduan kami. Sasaran kami adalah siswa bahagia belajar, PR yang mereka kerjakan secara mandiri tuntas dengan baik, prestasi di sekolah meningkat, dan bisa menikmati bermain bersama.

Kami pun membentuk satu kelas yang hanya diisi lima siswa. Ada ruangan khusus mengerjakan PR yang dipantau dan dibimbing oleh tentor khusus. Kami menyediakan beberapa wadah bermain seperti plosotan, globe panjatan, dan ayunan. Kami juga berusaha agar PR bisa lebih cepat selesai sehingga mereka memiliki cukup waktu untuk bermain. Mereka kami izinkan datang lebih awal dan pulang lebih lama agar bisa lebih lama bermain. Selain itu mereka juga selalu kami bimbing ketika persiapan ujian harian, tengah semester, dan semester. Kini ada sekitar seratus siswa belajar di lembaga ini. Kami rela menyewa rumah lagi untuk tempat tinggal kami demi keleluasaan siswa-siswi bermain dan belajar di lembaga ini.

Yang mendorongku menciptakan atmosfir dan wadah bagi anak-anak itu agar berbahagia dalam belajar dan bermain adalah kesulitan yang dulu kurasakan waktu kecil. Tak hanya belajar, aku pun harus bekerja di ladang. Setiap akhir semester mayoritas orangtua memberi testimoni karena anak-anak mereka semakin senang belajar dan meraih prestasi yang lebih baik. Kepuasan seperti ini terus mendorong kami lebih serius berkiprah di dunia pendidikan demi Kabupaten Dairi dan negeri tercinta Indonesia. Semoga.

 

IMG_20170818_092813_369

Post Comment