Orang-Orang Keren
Education Meet Our Alumni THE ARK SCHOOL

Orang-Orang Keren

Selama 13 tahun program belajar bahasa Inggris untuk SMA di The Ark School rata-rata siswa mengikuti paket belajar adalah 2 atau 3 semester. Karena program yang disediakan memang hanya 2 jenis paket belajar. Paket pertama adalah untuk Total Speaking dan paket kedua adalah English for Test. Seiring waktu berjalan maka kedua program ini berkembang menjadi Total Speaking I, Total Speaking II, English for Test I, English for Test II. Berarti siswa SMA bisa menuntaskannya dalam 4 semester jika mengikuti semuanya karena 1 paket durasinya 1 semester.

Khusus untuk siswa SMA, The Ark School juga mengadakan program Study Tour ke Pulau Samosir untuk mendemonstrasikan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris kepada native speakers. Program ini hanya dilaksanakan sekali setahun. Sifatnya optional, tidak wajib diikuti oleh siswa.

Ada 1 kelas siswa yang sangat menarik perhatian saya. Setelah mereka menuntaskan semua paket belajar dalam 4 semester, mereka meminta agar ada paket kelima buat mereka. Awalnya saya menolak. “Sudah cukuplah itu… sudah habis ilmuku untuk kuajarkan bagi kalian…” ucapku menolak permintaan mereka saat itu. Namun melihat mereka meminta dengan sangat serius, akhirnya saya buka paket ke-5 dengan nama program yang sedikit diubah. Dari English for Test menjadi English Test Preparation. Artinya sama aja. Paket belajar bahasa Inggris untuk persiapan ujian. Hehehehehehe.

Mengajar di paket kelima ini memaksa saya untuk membeli beberapa buku referensi lagi untuk saya ajarkan. Hal kedua yang menarik perhatian saya dari kelas ini adalah perihal Study Tour. Jika siswa mengikuti study tour hanya sekali saja sudah merupakan hal baik kupikir. Walau ada saja satu dua siswa yang mengikutinya sebanyak dua kali. Kelas yang saya maksud ini adalah sebuah pengecualian. Mereka mengikutinya sebanyak tiga kali. Berarti mereka mengikuti semua kegiatan perjalanan yang dilaksanakan oleh The Ark School di periode belajar mereka. Tidak puas juga dengan kegiatan outbound tersebut. Mereka pernah mengajak saya untuk melakukan traveling singkat ke Taman Wisata Iman yang mereka sebut sebagai study tour mini.

Ketika bertemu mereka di event GET-A (Got Engish Talent – Ark) 14 Juni 2017 yang lalu, mereka kembali mengusulkan agar kami kembali mengadakan ‘Traveling Sehari’ sebelum mereka berangkat kuliah. Jadilah kami traveling ke Simalem Resort kemarin. Namun hanya 8 orang saja kami bisa berangkat karena sebagian sudah harus berangkat dan ada halangan baik lainnya.

Sebagai seorang pendidik ucapan syukur terbesar saya adalah melihat mereka menjadi mahasiswa PTN favourit mulai semester ini. Tifani Dianisya akan mengecap ilmu di Sistim Informasi UI, Sehat Sianturi di FITB- ITB, Sandra Novita di FISIP USU, Artta Gracia di Teknik Pertanian UNPAD, Beatric Pandiangan di Kehutanan UGM, Felix Sihombing di Geofisika Universitas Pertamina, Marshelino Simaremare di Teknik Geologi UI. Namun beberapa teman lain tidak bisa ikut di tour kami kemarin ke Simalem Resort seperti Simon Kristian dan Megah Elisabet yang akan kuliah di D3 dan D1 STAN, Andre Tinambunan di FTMD – ITB, Desy Sihombing di Agro UNPAD dan Siska Yulianta di Fakultas Hukum UI.

Masih banyak sebenarnya siswa-siswa hebat di kelas lain yang saya ajari. Namun ulasan hari ini khusus tentang kelas ini saja.

Anak-Anak Sidikalang keren. Saya melihat lebih jauh ke depan. Akan muncul pribadi-pribadi berkualitas dan berkarakter dari kota ini. Amin.

Selamat menikmati dunia kampus ya friends…

You guys are awesome.

The world is a book, and those who do not travel read only a page. -Saint Augustine

Sidikalang, 12 Juli 2017

DSC_0001 DSC_0126 us against the wind

Post Comment