Menciptakan Kebahagiaan
Education THE ARK SCHOOL Uncategorized

Menciptakan Kebahagiaan

Salah satu sasaran yang masuk dalam skala prioritas saya dalam mengajar adalah menciptakan kebahagiaan anak didik. Jika anak-anak dan remaja jarang menikmati keceriaan hidup akan menyebabkan efek negatif dalam kesehatan psikologisnya.

Study Tour

Agenda rutin yang kami selenggarakan bagi siswa SMA adalah study tour. Setiap tahunnya dari 80-90an siswa SMA yang saya didik, ada sekitar 50-60an yang mengikutinya. Tahun ini adalah jumlah tersedikit. Hanya 43 siswa. Kebetulan jadwalnya sangat berdekatan dengan jadwal olimpiade EXPO yang juga membutuhkan biaya.

Kami merancang berbagai kegiatan menarik dalam jadwal yang relatif singkat. Kami berangkat dari Sidikalang pukul 13.00 WIB siang pada hari Sabtu 5 Nopember yang lalu. Saya sudah memastikan semua siswa mendapat tempat duduk di bus dan mobil transportasi kami. Saya berupaya perjalanan kami senyaman mungkin.

Bersama-sama kami mengecap kebahagiaan dalam perjalanan wisata ini. Kami mengawalinya ketika singgah di panatapan Tele. “Tidak usah malu-malu dan ‘jaim’… ekspresikan kesenangan hatimu ketika bersama-sama dan berfoto..masa muda hanya sekali.”, ucapku menyemangati mereka.

Sekitar pukul 17.00 WIB akhirnya kami tiba di Hotel Dumasari Tuktuk. Penginapan langganan kami karena relatif murah, ramah namun minus marah-marah. Sebelum saya membagikan kunci kamar, para siswa langsung mengambil posisi nyaman di tepi danau untuk menghirup udara segar dan menikmati indahnya danau Toba. Kemudian setiap siswa pergi menuju kamar masing-masing sesuai group yang sudah mereka sepakati sendiri. “Silahkan rebahan sebentar.. sebelum kita makan malam dan menikmati berbagai permainan…”, janjiku penuh antusias.

Malam itu… kami sangat menikmati berbagai games yang susah dipersiapkan dengan baik oleh Sir Eli dan Sir Nico. Dua guru di THE ARK SCHOOL yang ikut serta membantu kami dalam perjalanan inspiratif ini.

………..to be continued

dsc_0130 dsc_0166 dsc_0622

One Comment

Post Comment